BAD NEWS
BAD NEWS adalah
menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan dengan tetap menjaga atau
memperhatikan bagian dampaknya bagi audiens .sebagai contoh :berita
dukacita,pemutusan hubungan pekerjaan (phk),penolakan kredit ,kegagalan ujian
dan sejenisnya .Oleh karena itu ,pembuatan dan menyampaikan pesan bad newd
harus memperhatikan banyak hal serta harus menggunakan cara yang tepat ketika
penyampaian pesan dapat dilakukan secara efektif namun tetap
memperhatikan perasaan penerima pesan bad news .
Tujuan dalam
Mengkomunikasikan Bad News
Tujuan utama dalam
mengkomunikasikan bad news adalah agar membuat penerima berita mau menerimanya
,menjaga niat baik penyampaian berita dan menghindari tuntutan hukum atas
berita yang kita sampaikan .
Menurut Guffery,Rhodes
,dan Rogin (2005),sebagai komunikator bisnis kita harus menangani berita buruk
,seseorang akan mempunyai banyak tujuan ,antara lain sebagai berikut :
1) Penerimaan
Pastikan pembaca memahami dengan menerima berita buruk,Pola tidak
langsung membantu dalam mencapai tujuan ini.
2) Citra Positif
Promosikan dan jaga citra baik diri dan organisasi dengan
menyadari tujuan ini ,maka oihak penyampai bad news telah bertindak dengan
benar .
3)Kejelasan Pesan
Buat pesan sejelas mungkin sehingga korespondensi tambahan tidak
lagi diperlukan .
4)Proteksi
Hindari menimbulkan tuntutan atau tanggung jawab hukum terhadap
pihak penyampai bad news .
Terkait
tujuan yang keempat yaitu proteksi .Walaupun tidak selalu dapat mengantisipasi
konsekuensi dari kata-kata yang digunakan ,pihak yang menyampaikan bad news
harus tetap waspada terhadap tiga penyebab persoalan hukum berikut ini :
1)Bahasa Kasar
Menyebut orang dengan kata-kata yang tidak pantas dapat membuat
penyampai informasi dalam masalah .
2)Bahasa Sembrono
Pernyataan yang bisa merusak atau disalahpahami .
3)Syndom Orang Baik
Hindari pernyataan yang membuat penyampai informasi merasa baik
tetapi menyesatkan atau tidak akurat .
Strategi Pengorganisasian
Pesan-Pesan Bad-News
1)Menciptakan
Audience Centered Tone
dengan tujuan :
1)Membantu audiens mengerti bahwa bad news menggambarkan suatu keputusan
yang tegas .
2)Membantu audiens mengerti keputusan.
3)Membantu audiens agar tetap memberikan goodwill bagi perusahaan .
2)Memilih Pendekatan
Organisasional
A)Pendekatan Tidak Langsung
a)Pembuka
b)Alasan
c)Bad-News
d)Penutup
B)Pendekatan Langsung
a)Bad-News
b)Alasan
c)Penutup
Digunakan jika: -Penerima senang to the point
-Pesan berpengaruh kecil pada penerima
-Pesan disampaikan secara empati
Mengkomunikasikan
Informasi dan Jawaban Negatif
Dalam dunia bisnis
,seringkali memberikan jawaban langsung sebagai bentuk penolakan ,atau
ketidaksetujuan terhadap sesuatu ,menjadi hambatan dalam berkomunikasi .Dalam
situasi itu,keterampilan komunikasi seorang komunikator diuji kemampuannya
untuk mengatakan 'tidak"dengan tetap menjaga hubungan yang baik dengan
pihak di kemudian hari .
1) Bad-News tentang
Produk
a)Kenaikan harga produk
b)Penarikan kembali produk
c)kadaluwarsa produk
d)produk rusak atau cacat
2)Penolakan Surat
Penaduan Keluhan
3)Menganti Produk
4)Tidak Memenuhi Pesanan
Poin-Poin penting yang
harus diperhatikan dalam mengembangkan pesan negatif (Bovee,2007)
a)Kelola waktu anda
dengan hati-hati
b)Bila masalah telah
ditutup ,jangan menyiratkan bahwa masalah tersebut masih terbuka
c)Tawaran ide-ide
alternatif bila mampu
d)jangan menyiratkan
bahwa ada bantuan atau informasi lain mungkin tersedia padahal sesungguhnya
tidak ada
Bad News tentang
Orang
1)Penolakan menulis
surat rekomendasi
2)Penolakan lamaran
kerja
3)Surat penolakan kredit
Penyampaian Bad News ke
Pelanggan
1)Bad News tentang surat
pesanan
2)Penolakan surat
pengaduan /claim
3)Mengganti produk
4)Tidak memenuhi pesanan
Comments
Post a Comment